Jumat, 12 Oktober 2012

Football Saga 2, Game Lokal Juga Bisa Sukses Kok..

Football Saga 2 game sosial yang bertema sepak bola karya Agate Studio ini saat ini tengah memasuki break musim kedua. Dari musim pertama dan awal musim kedua ini banyak perbaikan (perubahan) yang dilakukan Agate untuk terus memoles salah satu game terbaiknya ini. Positifnya kita sebagai pemain akan terus memperoleh match enggine yang lebih baik, fitur yang lebih beragam server yang stabil dan lainnya. Negatifnya adalah karena seringnya terjadi perubahan akan sulit bagi pemain untuk bisa menerapkan strategi jangka panjang dalam bermain.


Saat ini Agate sedang berusaha memperbaiki servernya dengan melakukan migrasi ke server yang baru. server yang lama, terutama yang berhubungan dengan in game chat sangat sering bermasalah dan cukup mengganggu. semoga saja di server yang baru ini tidak akan ada masalah seperti itu lagi. Oh iya, sebenarnya beberapa bulan yang lalu saya sudah embuat review mengenai game ini di situs lain, tetapi mungkin belum di publish.

Selain migrasi server Agate juga menjadi salah satu peserta di Tokyo Game Show (TGS) yang telah berlangsung pada bulan september kemaren dan juga peserta di Indonesia Game Show (IGS) yang sedang berlangsung sekarang di jakarta. Pada event IGS ini Agate memberikan beberapa kuis yang menghadiahkan star dan berbagai hadiah kepada pesertanya, selain itu juga di jual voucher star yang nilainya cukup murah dibandingkan yang bisa di beli di dalam game. sayangnya kenapa voucher ini tidak di jual terus oleh Agate karena banyak yang merasa bermasalah dalam melakukan pembelian star.

Ngomong-ngomong soal TGS, sebenarnya saya mendapatkan undangan untuk bisa hadir ke sana, tetapi karena satu dan lain hal ( ga punya tiket ToT) jadi saja gagal berangkat ke Tokyo. Passport sudah ada, tiket masuk ke TGS sudah ada, kamera untuk memfoto booth girl sudah ada cuma tiket pesawatnya aja masih ketinggalan di loketnya masing-masing..

Agate dan beberapa developer game lain yang mewakili indonesia untuk membuka booth di sana sebenrnya sudah cukup membuat mata pecinta game internasional terbuka mengenai perkembangan game di indonesia. Hal ini juga dapat dilihat dari beberapa developer atau publisher asing yang sudah membuka cabang perwakilannya di indonesia dan juga yang mengajak developer lokal untuk bekerja sama. kampus yang mengajarkan developer game sudaha da di indonesia, developer game yang suses juga sudah ada, gamer jumlahnya jutaan jiwa, kurang apalagi coba negara ini untuk berkembang lebih jauh menjadi salah satu negara yang maju industri gamenya.

Sayangnya perkembangan tersebut mungkin belum dilihat oleh industri lain atau pemerintah. kurangnya kerjasama antar industri, seperti sponsorship, advert game, peraturan pemerintah yang jelas dll membuat perkembangan ini menjadi terasa lebih berat jalannya. Tetapi penggerak di industri game adalah seorang gamer juga mereka memiliki passion yang tinggi dalam bidangnya dan rela berkorban demi cita cita yang dimilikinya. mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa merasakan game yang bisa sekelas final fantasy atau mungkin mario bros yang asli karya anak bangsa. Kita tunggu saja dan selalu dukung mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar