Selasa, 23 Oktober 2012

Chromebook, apakah kita siap untuk full online?

kini Google bekerjasama dengan Samsung mengeluarkan seri terbaru dari Chromebook dengan harga hanya sekitar 2,3 juta rupiah. Harga yang kurang lebih sama dengan harga iPad mini terbaru dari Apple. Dengan ukuran layar 11,6" tentunya lebih nyaman di gunakan dibandingkan ipad mini yang hanya sekitar 7", ditambah dengan adanya dukungan keyboard yang membuat bekerja menjadi lebih nyaman.

Daya tahan batere lebih dari 7 jam, tebal hanya 0,7" dan berat 1,1 Kg, start up hanya sekitar 7 detik serta dilengkapi dengan built in dual band wifi dan 100Gb Google Drive cloud storage yang dapat digunakan secara gratis selama 2 tahun (setelah 2 tahun menjadi berbayar sebesar 4,99 dollar perbulan). Mungkin banyak yang bertanya apa itu google drive dan kenapa harus bayar biaya bulanan. Google drive itu sendiri adalah jasa penyimpanan online yang dikelola oleh google yang dapat di akses di mana saja dengan mengguanakan perakatan yang mendukungnya, salah satunya Google chromebook ini.
sumber: google.com
Dengan menggunakan penyimpanan cloud storage data yang disimpan di klaim akan bebas dari serangan virus dan bisa diakses dari mana saja asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Banyak dari kita mungkin akan ragu dengan penyimpanan online ini, bagaimana bila ternyata kita tidak bisa online apakah tidak bisa menggunakan chromebook? ternyata walaupun sedang tidak online kita tetap bisa menggunakan chromebook.

Sudah banyak aplikasi di Google web store yang mendukung penggunaan secara offline dan selain itu data data yang ada di google doc juga bisa diedit ketika offline. Selain akses data di cloud kita juga bisa mengguankan chromebook untuk mendengarkan musik atau menonton film mengunakan file yang terdapat di USB. walaupun penyimpanan di USB sangat terbatas ketika harus digunakan secara offline tetapi semua dokumen google doc kita akan tersinkronisasi secara otomatis saat kita online.
sumber: zdnet.com

Mungkin banyak yang akan ragu untuk membeli perangkat ini karena tidak terbiasa dengan sistem cloud storagenya tetapi dari kelebihan dan kekurangannya kita tentunya bisa menyasuaikan dengan kebutuhan kita apakah cocok atau tidak. Yang pasti dengan harga hanya 2,3 juta untuk laptop baru tentunya cukup menggiurkan.

sumber: google.com

sumber: google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar