Kamis, 15 Maret 2012

Bermain Game : Ipad3 atau PS Vita ??

Dengan waktu launching yang hampir sama dan kemampuan chip quad core yang tidak jauh berbeda secara performa kita dapat menduga bahwa kedua perangkat ini dapat bersaing dengan ketat. Dari segi harga dan ukuran layar ipad3 mengungguli PS Vita hingga dua kali lipatnya sehingga kita dapat mengasumsikan bahwa pemilik salah satu perangkat tersebut tidak akan membeli yang lainnya.



ipad3 sendiri dengan harga mencapai 500 US Dollar merupakan perangkat yang cukup mewah. Tetapi dengan jumlah penggemar yang sangat besar di seluruh dunia dan waktu peluncuran produk yang berbeda-beda akan membuat harganya melonjak saat memasuki pasar indonesia. Keunggulan utama ipad3 sendiri adalah layar retina display berukuran 9.7" dengan resolusi 2048 x 1535 piksel dengan kerapatan piksel 264 piksel per inch. (lihat spek selengkapnya disini) dan tentunya berbagai aplikasi yang dapat didownload secara gratis ataupun berbayar.




PS Vita yang memiliki harga sekitar 250 US Dollar adalah perangkat game yang juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Dengan layar touchscreen 5" dan kemampuan untuk browsing membuat PS Vita bukan hanya sekedar perangkat untuk bermain game. Dengan berbagai tombol dan game yang khusus didedikasikan untuk PS Vita membuat perangkat ini menjadi perangkat yang eksklusif bagi penggemarnya. (lihat spek selengkapnya disini)



Mungkin tidak adil apabila membandingkan secara langsung antara ipad3 dan PS Vita oleh karena itu kedua perangkat tersebut hanya akan di bandingkan dari sisi penggunaan untuk bermain game saja.
  •  Dari ketersediaan game-game eksklusif maka PS Vita akan lebih unggul dibandingkan ipad3 dengan judul judul seperti Dead Space, Infinity Blade 2 dan Call of Duty : Black ops Zombies. Walaupun aplikasi games sendiri di ipad jumlahnya ribuan dan terus bertambah setiap harinya. 
  • Dari sisi harga dari game itu sendiri ipad3 lebih unggul dibandingkan PS Vita. Bukan hanya unggul karena banyak tersedia game gratis tetapi game yang berbayar pun harganya hanya seperlima dari harga game PS Vita 
  • Dari kemudahan bermain game PS Vita mengungguli ipad3 karena tersedianya tombol dan kontroller khusus untuk bermain game sedangkan ipad3 lebih mengandalkan layar touchscreen tanpa adanya tombol yang memudahkan bermain game.
  • Dari kompatibilitas dengan perangkat pendukung game lainnya PS Vita sedikit lebih unggul karena kemampuannya untuk terhubung dengan PS3 dan memainkan game PS3 melalui PS Vita. Untuk ipad3 sendiri keunggulannya dalam hal ini adalah karena mampu terhubung dengan HDTV dan juga asesoris tambahan yang memudahkan untuk bermain game.
Apabila digunakan khusus untuk bermain game maka PS Vita lebih unggul dibandingkan ipad3. Pengalaman saat bermainnya jauh berbeda dengan ketersediaan tombol khusus untuk bermain game, belum lagi kompatibilitasnya dengan PS3. Game yang tersedia untuk kedua perangkat tersebut mungkin saat ini merupakan keunggulan bagi PS Vita, tetapi game yang ada untuk ipad3 sendiri jumlahnya ribuan dan banyak juga game - game serius yang mulai di buat untuk ipad walaupun jumlahnya masih jauh lebih banyak di PS Vita. Dari segi harga game PS Vita jauh lebih mahal sehingga apabila kita sering membeli game maka bisa jadi total pengeluaran yang kita habiskan untuk perangkat dan game PS Vita bisa lebih besar daripada membeli ipad3 dan game-gamenya.

Bagi penggila game serius PS Vita jelas lebih unggul dibandingkan ipad3 tetapi bagi penyuka game - game santai maka membeli ipad3 jauh lebih baik karena penggunaannya untuk hal lain dan juga harga dari game itu sendiri. Tetapi untuk membeli dan membawa - bawa keduanya tentunya akan merepotkan karena kedua perangkat tersebut tidak kecil dan relatif mahal. 

1 komentar:

  1. Mantap gan reviewnya. Klo melihat game fifa 13 di ipad dan ps vita trnyata ps vita jauh lbih unggul. dr segi grafis (ane heran pdhal secara spek gpu lbih mantap ipad), gameplay (gameplay ps vita udh kaya ps 3 gan) dan fitur fitur yg ada di game jauh bgt unggul ps vita. satu lg, klo fifa di ps vita ada wasitnya tp di ipad ga ada. hehehe :-D

    BalasHapus