Kamis, 22 Maret 2012

Iklan Dalam Game, Terlihat tapi tak terasa, Teringat tapi tak terpaksa

Iklan dalam game atau in-game advertising.. Mungkin beberapa dari kita sadar bahwa dalam game yang kita mainkan ada beberapa produk lain yang tidak berhubungan dengan game tersebut. Ada iklan berupa bilboard atau poster yang tersamarkan di latar belakang atau ada juga produk yang harus kita gunakan yang tidak ada hubungan secara langsung dengan game itu sendiri. Mungkin masih ada yang ingat dengan dunkin donat di dalam game the sim sosial atau juga berbagai produk lain di berbagai game yang berbeda.




Kini iklan dalam game semakin menjamur terutama di dalam game sosial based seperti game-game di facebook.  Salah satu contohnya adalah iklan norton antivirus di dalam game Marvel : Avenger Alliance. Dalam update terbaru terdapat sebuah item yang dapat di kirim ke teman kita dengan nama Norton Shield. Didalam game item ini berfungsi melindungi penggunanya dari serangan lawan. Dan lebih hebatnya lagi deskripsi dari item tersebut adalah melindungi anda dari kemungkinan terburuk yang dapat di berikan oleh penjahat. Secara sepintas kita seolah olah di ingatkan bahwa norton melindungi kita dari berbagai serangan penjahat, dalam hal ini virus yang selalu menghantui komputer kita.


in game advertising ini sebenarnya salah satu strategi iklan yang patut di tiru oleh industri game dalam negri. karena dengan iklan dalam game, orang yang menjadi target dari iklan tersebut tidak merasa terpaksa untuk memperhatikan produk yang di iklankan tersebut, bahkan mereka bisa menjadi sangat ingat apabila penggunaan produk tersebut di kemas dengan baik di dalam game tersebut. Mungkin suatu saat ada pengembang game yang bekerja sama dengan salah satu produsen minuman di dalam negri, dan di dalam game tersebut si tokoh utama diharuskan untuk mengkonsumsi berbagai varian produk dari minuman tersebut yang memiliki berbagai efek. Bagi yang memainkan game tersebut dan merasa terhibur oleh game tersebut, minuman yang di minum oleh tokoh yang di mainkannya adalah minuman yang sangat bermanfaat, dan hebatnya lagi, minuman tersebut terdapat di dunia nyata dan dia bisa meminumnya seperti tokoh yang di mainkannya di dalam game.

Saat ini saja sudah banyak orang yang meniru tokoh game, baik itu pakaiannya atau pun ide dari game tersebut. Apabila dikemas dengan baik, tidak lah hal yang sulit untuk sebuah produk yang di gunakan di dalam game juga digunakan oleh penggemarnya apabila produk tersebut juga ada di dunia nyata. Minimal gamers tersebut akan ingat akan produk tersebut dan apabila dia membutuhkan suatu produk yang fungsinya sama, maka dia akan memilih produk yang dia ingat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar